Rujukan Informasi Seputar Tekno Terkini

8 Aplikasi Password Manager Terbaik 2022

0 52

Aplikasi Password Manager Terbaik untuk Menghindari Lupa Password di tahun 2022 – Apakah sahabat pernah mengalami lupa password? Tentu sangat menyebalkan ya, apalagi bila diperlukan disaat tiba-tiba dan hal ini terjadi di saat-saat mendesak.

Aplikasi Password Manager

Ditambah lagi untuk setiap layanan digital seperti halnya email, bahkan untuk akun sosmed, perbankan, dan lainnya juga memiliki password pengaman yang wajib kita ingat. Namun sayangnya tidak semua orang bisa mampu mengingat dengan baik semua password atau kata sandi dan data dari banyak layanan yang mereka gunakan tersebut.

Contohnya seperti halnya PIN ATM, password email, pasword akun media sosial, serta juga layanan lainnya yang bisa terlupakan begitu saja karena dan berbagai alasan. Biasanya untuk orang tua biasanya sudah cukup sulit untuk mengingat banyak passowrd, terlebih bagi sahabat yang memang seorang pelupa, tentu akan menjadi masalah dan akan terasa semakin berat.

Beruntung sekali bahwa pada saat ini sudah terdapat beberapa aplikasi password manager yang dapat membantu kita untuk mengelola dan mengingat dari berbagai password untuk berbagai layanan digital yang kita gunakan.

8 Aplikasi Password Manager

Lalu apa saja untuk aplikasi password manager terbaik yang dapat membantu kita dalam mengelola dan mengingat password? Dari sekian banyaknya aplikasi yang ada, berikut ini ada beberapa pilihan terbaik dan paling sering digunakan oleh mayoritas orang.

1. Sticky Password

Dan aplikasi terakhir yang dapat membantu kita mengatur dan me-manage password pribadi adalah aplikasi Sticky Password. Meski berada di posisi buncit, bukan berarti aplikasi yang satu ini tidak cukup powerful untuk menghandle kebutuhan organisir kata sandi Anda.

Selain memiliki kelebihan dapat dijalankan di perangkat komputer maupun ponsel, terdapat juga layanan cloud syncing yang dapat menyelaraskan kata sandi dengan layanan digital yang anda gunakan. Tidak hanya itu, untuk menambah tameng keamanan terdapat juga teknologi konfirmasi biometrik ketika pengguna akan masuk pada halaman muka aplikasi.

2. LastPass

Aplikasi pertama yang bisa kita gunakan untuk mengelola password milik kita adalah aplikasi LastPass. Jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis yang lain, aplikasi yang satu ini bisa dibilang menjadi pilihan yang menawarkan layanan yang sangat lengkap.

Yang pertama, aplikasi ini dapat digunakan pada perangkat komputer maupun ponsel berbasis Android dan iOS. Nantinya dengan aplikasi ini kita bisa mengatur banyak password pribadi kita dengan lebih mudah melalui jaringan internet. Dari sisi keamanan, aplikasi yang tergolong berbobot ringan ini tidak perlu diragukan karena mengadopsi sistem keamanan berlapis.

Selain itu bagi Anda yang ingin mendapatkan password super aman, juga bisa menciptakan password tersebut lewat aplikasi LastPass. Dengan fitur password generator, kita bisa membuat password sendiri yang kemudian akan tersimpan secara otomatis di aplikasi. Namun untuk bisa mendapatkan layanan dan fitur penuh aplikasi LastPass, kita harus membayar biaya berlangganan sebesar US$1 per bulan.

3. KeePass2Android

Aplikasi berikutnya yang bisa digunakan untuk mengelola password adalah KeePass2Android. Hal unik dari aplikasi ini adalah password yang kita unggah harus melalui layanan Google Drive ataupun Dropbox.

KeePass2Android dilengkapi dengan teknologi enkripsi. Dengan teknologi enkripsi yang diterapkan di dalamnya, tentunya akan menjamin keamanan dari setiap password yang Anda masukkan.

Dengan fungsinya yang cukup kompleks, aplikasi ini tidak terlalu disarankan bagi pengguna pemula. Pasalnya untuk bisa mengakses fitur-fitur dari aplikasi KeePass2Android, sudah harus melalui beberapa tahap tertentu.

4. 1Password

1Password merupakan salah satu aplikasi pengelola pasword yang paling banyak digunakan. Secara umum, aplikasi ini memiliki fitur standar untuk mengelola pasword, seperti; menyimpan banyak username dan password, mengisi pasword secara otomatis, menyimpan informasi penting, dan lain-lain.

1Password tersedia untuk beragam perangkat dan OS. Namun, aplikasi ini tidak ada versi gratisnya. Anda hanya bisa mencoba aplikasi ini secara gratis selama 14 haris saja.

5. Dashlane

Bagi rekan-rekan yang menggunakan perangkat dengan sistem operasi iOS, aplikasi Dashlane bisa menjadi pilihan tepat untuk keperluan mengelola password pribadi. Dalam hal penggunaan, aplikasi ini juga terkesan sangat simple dan tidak membingungkan.

Secara umum fungsi dari aplikasi Dashlane adalah untuk membuat sebuah password yang kuat, menyimpan password tersebut, serta dapat mengisikan secara otomatis password ketika kita ingin masuk pada satu layanan tertentu.

Bagi mereka yang ingin menggunakan layanan premium dari aplikasi ini, dikenakan biaya sebesar US$ 3 per bulan.

6. Bitwarden

Bitwarden merupakan aplikasi pengelola password open source yang dapat digunakan secara gratis. Aplikasi ini dibuat dengan algoritma AES-256 bit yang bisa menyimpan banyak kata sandi, catatan penting, dan data penting lainnya dengn keamanan tingkat tinggi.

Bitwarden juga dilengkapi dengan fitur password generator yang memungkinkan kamu untuk membuat password yang sangat kuat. Selain itu, aplikasi ini juga punya fitur sinkronisasi sehingga semua kata sandi yang kamu buat tersimpan dan dapat diakses melalui situs resmi Bitwarden dan perangkat kamu lainnya.

7. Enpass

Enpass termasuk salah satu aplikasi pengelola password yang paling banyak digunakan. Secara umum fiturnya mirip seperti aplikasi 1Password yang dapat membuat banyak kategori spesifik.

Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, dimana fitur premiumnya menawarkan fitur yang lebih lengkap. Versi gratisn Enpass dapat digunakan untuk menyimpan 20 data dan mendukung sinkronisasi antar perangkat.

8. MYKI

MYKI merupakan aplikasi pengelola kata sandi offline dan authenticator 2FA yang dirancang dengan mempertimbangkan privasi. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang apik dan fitur yang disempurnakan.

Salah satu fitur yang menarik dari MYKI adalah memungkinkan penggunanya menyimpan data secara lokal di perangkan komputer atau ponsel. Kedua perangkat tersebut disinkronisasi melalui metadata yang terenkripsi.

Akhir Kata

Kita tahu bahwa teknologi selalu menawarkan beragam kemudahan bagi setiap manusia. Namun di sisi lain ternyata teknologi juga dapat mengantarkan kita pada beragam jenis ancaman serta kemungkinan buruk yang tidak kita inginkan.

Oleh karena itu langkah-langkah yang terbaik adalah mengantisipasi dengan mempertebal sistem keamanan pada perangkat teknologi yang kita miliki. Jika kalian ingin menggunakan aplikasi pengelola password, sebaiknya sahabat pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian.

Sumber: Gamebrott.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!