Rujukan Informasi Seputar Tekno Terkini

Panduan Lengkap untuk Mengoptimalkan Gambar untuk Situs Web

0 13

Bayangkan menghabiskan berjam-jam merancang gambar untuk situs, tetapi gambar-gambar itu memperlambat kecepatan situs karena ukurannya yang besar. Ini akan mengarah pada pengurangan volume lalu lintas di halaman Anda.

Cara Mengoptimalkan Gambar untuk Situs Web

Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan gambar dalam konten Anda sehingga kecepatan pemuatan situs tidak terpengaruh.

Untuk meningkatkan kualitas gambar, sangat penting untuk mengikuti prosesnya. Artikel ini adalah semua tentang pengoptimalan gambar.

Sebelum membahas proses optimasi gambar, sangat penting untuk memahami istilah ini dan pentingnya.

Apa itu Optimasi Gambar?

Optimalisasi gambar adalah tentang mengurangi ukuran ukuran gambar tanpa mengganggu kualitasnya. Ini dapat membantu Anda meningkatkan kecepatan situs dan memberi peringkat lebih baik di mesin pencari.

Anda telah memperhatikan banyak halaman web yang dimuat dengan banyak konten, tetapi ketika membuka situs itu, kecepatannya melambat secara drastis.

Alasannya adalah situs tersebut tidak dioptimalkan dengan benar. Dan itu bisa dilakukan dengan menerapkan semua faktor yang penting untuk meningkatkan kecepatan situs. Optimalisasi gambar adalah salah satunya.

Itu artinya Anda harus memperkecil ukuran gambar agar bisa dibuka di situs dengan cepat. Tetapi pada saat yang sama, penting juga untuk menjaga kualitas gambar.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Gambar Untuk Situs Web?

Proses optimasi gambar sangat sederhana. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah yang dapat mengurangi ukuran gambar tanpa mengurangi kualitas gambar.

Mari kita lihat teknik luar biasa ini yang dapat membantu proses ini. Berikut panduan lengkapnya.

·        Gunakan Nama Gambar

Pastikan untuk menambahkan gambar ke konten dengan menggunakan namanya. Ini adalah teknik luar biasa untuk membuat gambar dioptimalkan sesuai kebijakan mesin pencari .

Memberi nama file pada gambar memudahkan perayap mesin telusur untuk menemukannya. Jadi, Anda harus memberikan nama file yang sama dengan gambar yang digunakan dalam konten.

Juga, gunakan kata kunci yang tepat dalam nama file untuk membuatnya sehingga konten yang sebenarnya dapat dicocokkan dengan gambar.

·        Kurangi Ukurannya

Jangan gunakan gambar seperti itu dalam konten yang ukurannya lebih besar. Cobalah untuk meminimalkan ukuran gambar tetapi pastikan untuk menjaga kualitasnya.

Ini dapat dengan mudah dilakukan dengan bantuan alat online. Anda dapat membuka kompresor gambar dan kompres jpg online tanpa mengorbankan kualitas konten.

kompress jpg

Anda tidak perlu menunggu lama untuk memperkecil ukuran gambar saat menggunakan alat online. Cukup unggah file di sini dan klik tombol Kompres. Alat ini akan memberi Anda gambar baru yang ukurannya lebih kecil tetapi kualitasnya sama.

·        Pilih Format yang Tepat untuk Gambar

Jangan membuat kesalahan saat memilih format gambar karena memainkan peran penting dalam menjaga kualitas dan ukuran file.

Jika Anda menggunakan file berformat PNG, Anda akan memiliki gambar berkualitas tinggi tetapi pada saat yang sama, ukuran file gambar juga akan meningkat.

JPEG adalah format file lain yang banyak digunakan yang membantu Anda mengurangi ukuran file. Tetapi Anda juga harus berkompromi dengan kualitas gambar.

Pilihan terbaik di sini untuk digunakan untuk gambar situs web adalah menggunakan format Webp . Di sini Anda dapat menggunakan gambar berkualitas tinggi dengan ukuran lebih kecil. Jadi, Anda perlu memilih format gambar ini daripada yang lain.

·        Hindari Gambar Dekoratif

Jika Anda berpikir bahwa Anda dapat membuat gambar Anda dioptimalkan dengan menggunakan teks dan warna mewah pada gambar, Anda mungkin salah. Ini hanya akan meningkatkan ukuran gambar.

Dalam kasus yang sangat jarang Anda akan melihat gambar seperti itu penuh dengan teks dan visual. Jika tidak, sebagian besar gambar yang dioptimalkan sederhana.

Jadi, hindari penggunaan elemen dekorasi pada gambar dan buatlah sesederhana mungkin. Ini tidak hanya akan mengesankan penonton tetapi juga meningkatkan kecepatan situs dengan mudah.

·        Tulis Teks Alt

Menulis teks alternatif adalah teknik luar biasa untuk menyempurnakan gambar. Pasalnya, pengunjung yang memiliki kecepatan internet rendah bisa mendapatkan gambaran tentang gambar tersebut dengan membaca teks alt jika gambar tidak dibuka di layar mereka.

Anda mungkin juga pernah mengalami ini beberapa kali ketika teks atau frasa ditulis di tempat gambar. Ini adalah teks alternatif yang ditulis melawan gambar.

Jadi, ini adalah teknik luar biasa lainnya yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan gambar dan mempercepat situs web Anda.

Garis bawah

Meningkatkan kecepatan situs web Anda membutuhkan banyak faktor. Optimalisasi gambar adalah salah satunya yang perlu Anda ingat.

Banyak orang yang fokus pada membuat gambar menjadi mewah tetapi pada akhirnya, gambar-gambar tersebut mengakibatkan penurunan kecepatan situs.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengerjakan optimasi gambar dan memotong ukurannya tetapi kualitasnya juga harus bagus. Dalam posting ini, kami telah membahas tips yang efektif dalam meningkatkan kualitas gambar dan membuatnya ramah untuk situs web.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!