5 Cara Mengatasi Memori Internal HP Android yang Cepat Penuh

Cara mengatasi memori internal HP Android yang cepat penuh, Ponsel Lancar Tanpa Hambatan – Halo sahabat gadgetsiana, di jaman sekarang ini banyak pengguna smartphone Android maupun ios yang mengeluhkan memori ponselnya cepat penuh atau sudah penuh. Jika di ibaratkan bahwa memori pada ponsel itu seperti juga dengan otak manusia yang bisa menyimpan data atau sebuah file. Meskipun untuk ukurannya itu kecil, tapi kapasitas penyimpanannya sangat besar. Bahkan memori yang ukurannya kecil tersebut bisa penuh jika data yang disimpannya terlalu banyak atau melampaui batas maksimal, sehingga dampaknya akan membuat smartphone menjadi lag atau proses kerjanya akan terhambat. Untuk itu agar kita tidak pusing mendapati ponsel yang suka ngelag maka perlu membaca tutorial cara mengatasi memori penuh di Smartphone Android maipun ios supaya kedepannya kita tidak mengalami terjadi lag pada Smartphone yang kita miliki. 

Cara Mengatasi Memori Internal HP Android Cepat Penuh

Perlu sahabat ketahui bahwa untuk memori pada ponsel ini terbagi menjadi dua jenis ya, yaitu memori internal dan memori eksternal. Sedangkan untuk memori internal yaitu merupakan sebuah memori bawahan pada ponsel itu sendiri, sedangkan untuk jenis memori eksternal adalah memori tambahan yang disematkan seperti halnya Memory Card SD. Lantas, bagaimana jika memori internal bawaan yang dimiliki oleh ponsel tersebut sekarang sudah penuh? 

Tutorial Atasi Memori Penuh di Smartphone Android

Sebelum sahabat menyimak lebih jauh perihal tutorial atasi memori penuh di Smartphone Android atau ios. Ketahui juga bahwa ada beberapa aplikasi yang sedang dipakai di dalam Smartphone tersebut, karena biasanya aplikasi yang terpakai tersebut kadang tidak benar-benar dibutuhkan. Ketahui pula jenis aplikasi yang memakai memori internal terlalu besar ya!. Berikut dibawah ini adalah cara untuk mengatasi memori ponsel Android sahabat jika terlalu penuh. 

1. Hindari instal aplikasi yang berat

Google Playstore adalah sebuah toko aplikasi yang memang memiliki dan tersedia berbagai macam jenis aplikasi dan game yang sering membantu aktivitas kita sehari-hari. Sayangnya, dalam hal ini sering pengguna smartphone itu tidak menyadari bahwa untuk aplikasi yang di install itu memakan memori internal terlalu banyak. Dalam hal ini kami sarankan sahabat untuk mencari alternatif aplikasi yang lainnya yang mana aplikasi tersebut memiliki ukuran file lebih kecil dari aplikasi sebelumnya, cek besaran MB aplikasinya sebelum men-downloadnya. 

Baca Juga: Download 50 Gambar Vektor Islami Gratis

2. Rutin membersihkan cache

Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi terjadinya memori penuh adalah dengan rutin membersihkan ruang cache aplikasi. Cache sendiri adalah sisa-sisa data yang sudah tidak terpakai lagi. Terus bagaimana cara membersihkannya? Pertama, silahkan sahabat masuk ke bagian menu “setting”. Selanjutnya silahkan pilih menu “app management”. Jika sahabat sudah masuk pada fitur tersebut, klik jenis semua aplikasi yang sering sahabat akses. Silahkan lanjutkan lalu klik menu “storage usage”. Nanti di didalamnya ada sebuah pilihan “clear cache”, klik menu tersebut, hapus sampai selesai! 

3. Beralih ke Whatsapp

Kami tahu bahwa hampir seluruh pengguna yang ada di smartphone sekarang ini menggunakan aplikasi Whatsapp. Untuk itu, cara selanjutnya untuk tutorial mengatasi memori penuh yang ada di HP android adalah dengan beralih ke Whatsapp. Langkah yang pertama adalah silahkan sahabat matikan auto download dari fitur media ke whatsapp. Karena jika hal ini tidak dimatikan, jika nantinya ada orang yang mengirimkan sebuah foto atau video maka akan langsung terdownload secara otomatis. Tentu hal ini otomatis juga akan dapat memenuhi ruang memori internal yang ada pada ponsel sahabat. 

Cara yang kedua adalah dengan mem-back up chat WhatsApp terlebih dulu dan media yang ada ke Google drive. Sehingga nantinya saat sahabat menghapus atau membersihkan Aplikasi tersebut tidak perlu khawatir jika saat proses pembersihan dokumen akan ikut terhapus karena dokumen sudah tersimpan di Google Drive. Jika nantinya sahabat ingin mencari file tersebut, tinggal mengunjungi googledrive dan data media yang ada sudah disimpan tidak akan hilang. 

4. Atur lokasi penyimpanan foto kamera

Yang tak kalah pentingnya yaitu mengatur lokasi tempat penyimpanan foto kamera. Silahkan sahabat setting penyimpanan foto cameranya dan pindahkan lokasi foto yang ada di camera HP tersebut dari memori internal ke dalam memori eksternal. Jadi, ketika nantinya saat sahabat membidik foto maka otomatis file foto itu akan tersimpan ke memori eksternal atau SD card. Caranya yaitu silahkan sahabat buka aplikasi kameranya kemudian silahkan cari menu setting. Ganti lokasi penyimpanan yang ada dari internal menuju SD card. 

5. Pindahkan ke memori eksternal

Biasanya memori internal cepat penuh karena sangking banyaknya aplikasi yang sudah di install. Untuk itu, disini kami mempunyai dua cara agar memori internal tidak terlalu penuh, cara yang pertama yaitu dengan uninstal aplikasi yang tidak berguna atau memindahkan aplikasi tersebut ke memori eksternal. Sebelum sahabat ini memindahkan beberapa aplikasi yang ada, pastikan juga untuk memori yang sahabat pakai itu cukup besar kapasitasnya dibandingkan dengan jumlah kapasitas memori internalnya. 

Untuk cara memindahkan aplikasi yang ada ke dalam memori eksternal yaitu dengan  membuka menu pengaturan atau setting pada Smartphone. Setelah itu silahkan sahabat pilih setelan tambahan. Buka bagian manajeman aplikasi dan dilanjutkan dengan klik terinstal. Silahkan Pilih aplikasi yang ingin sahabat pindahkan, ketuk saja aplikasi tersebut dan pilih opsi pindahkan Aplikasi ke memori eksternal atau SD card. 

Baca Juga: Cara Menggunakan Dua Akun WA di Satu HP

Akhir Kata

Adapun untuk tutorial cara mengatasi memori penuh pada Smartphone Android atau ios ini bisa diterapkan jika smartphone yang sahabat pakai mulai jalannya lemot. Setelah mengetahui dari tutorial diatas tersebut, diharapkan nantinya ponsel yang sahabat pakai mulai kembali berjalan normal ketika saat dipakai. Semoga ini dapat bermanfaat. Terimakasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa lagi di ulasan yang lainnya.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!