Rujukan Informasi Seputar Tekno Terkini

Review Spesifikasi OnePlus Buds Pro

0 1

Review Spesifikasi OnePlus Buds Pro – OnePlus Buds Pro adalah sepasang earbud nirkabel terbaru di bulan agustus 2021. Ini adalah model pertama dalam jangkauan mereka yang menampilkan untuk mengatasi kebisingan aktif dan mengambil Apple AirPods Pro, meskipun dengan harga yang jauh lebih rendah yaitu $ 149, pada kenyataannya, ini menempatkan OnePlus Buds Pro setara dengan merek lain seperti Samsung Galaxy Buds 2 yang baru diluncurkan.

Tetapi sementara Apple dan Samsung tidak asing dengan dunia game, ini adalah terobosan pertama OnePlus ke bagian yang agak premium dari pasar audio nirkabel, setelah hanya membuat model entry-level sampai saat ini.

OnePlus Buds Pro

OnePlus Buds Pro dilengkapi dengan banyak fitur, termasuk adanya kontorling kebisingan atau adaptif, mode transparansi, fitur ID suara yang menyesuaikan suara ke pendengaran Anda, tahan air untuk bagian tunas dan casing, pengisian nirkabel, dan bahkan mode kebisingan yang dapat untuk relaksasi.

Jadi hari ini kita akan melihat seberapa baik OnePlus Buds Pro tampil dalam kondisi kehidupan nyata, termasuk menguji semua fitur dan kualitas audio mereka. Kemasan OnePlus Buds Pro biasa-biasa saja. Terlepas dari earbud, Anda akan mendapatkan tiga set ujung telinga silikon dalam tiga ukuran dan kabel pengisian USB-C pendek.

Desain OnePlus Buds Pro

OnePlus Buds Pro memiliki desain yang sangat menarik untuk earbud dan casingnya. Kira-kira ukuran dan bentuk sekotak permen. Terdapat fitur tekstur matte halus dengan logo OnePlus timbul di bagian atas.

Tidak ada tanda atau teks lain di bagian luar. Satu-satunya hal lain yang akan Anda temukan di luar adalah LED kecil di bagian depan dan port USB-C di bagian belakang untuk pengisian daya. Membuka tutupnya terasa seperti membuka kotak perhiasan. Ayunkan tutupnya terbuka dan earbud duduk kurang lebih tepat di atas daripada jauh di dalam casing.

Jika Anda melihat di bawah tutupnya, maka Anda akan menemukan kertas yang tersembunyi dalam depresi untuk earbud.

Dalam kasus ini, Anda juga akan menemukan tombol untuk memasangkan ditempatkan di antara dua earbud. Menariknya, sementara matte finish di bagian luar casing secara mengejutkan tahan noda, plastik matte di bagian dalam dapat ternoda dengan mudah.

Earbud itu sendiri juga cukup stylish. Mereka menampilkan desain dua nada yang mencakup plastik matte di atas dan plastik mengkilap. Ini adalah desain yang cukup mencolok dan meskipun bentuk umumnya mirip dengan AirPods Pro, penampilan keseluruhannya cukup khas dan menarik.

Selain varian Matte Black yang digambarkan OnePlus Buds Pro juga hadir dalam Glossy White.

Kenyamanan OnePlus Buds Pro

OnePlus Buds Pro nyaman digunakan untuk waktu yang lama. Ukuran dan bentuk earbud membuat mereka duduk berjam-jam tanpa menusuk atau memberi tekanan yang tidak semestinya pada bagian telinga kita. Saya tidak akan memiliki masalah memakai ini selama penerbangan panjang atau saat menonton konten dan bermain game.

Perangkat keras OnePlus Buds Pro

OnePlus Buds Pro cukup kecil yaitu 3,2cm x 2,32cm dan beratnya hanya 4,35g, yang berkontribusi banyak pada kenyamanan penggunanya. Di dalamnya ada driver dinamis 11mm tunggal dengan rentang frekuensi 20-20.000Hz.

OnePlus Buds Pro mendukung kondisi kebisingan aktif, yang dicapai dengan menggunakan tiga mikrofon yang ditempatkan di sekitar setiap earbud.

Earbud juga memiliki tangkai sensitif terhadap tekanan yang dapat diperas untuk memicu berbagai fungsi. Anda dapat memeras sekali untuk bermain / jeda, dua kali untuk pergi ke trek berikutnya, dan tiga kali secara default ke trek sebelumnya. Gerakan triple squeeze dapat disesuaikan untuk juga meluncurkan asisten suara sebagai gantinya.

Anda juga dapat memeras dan menahan siklus antara tiga mode noise-canceling. Seperti AirPods Pro, Anda dapat memilih untuk memiliki ketiganya (on, off, transparansi) atau keduanya. Secara default, dan transparansi dipilih.

Mekanisme kontrol untuk earbud bekerja dengan sangat baik dan merupakan salah satu metode paling menyenangkan yang pernah saya lihat digunakan pada earbud nirkabel. Tangkai sangat responsif dan setiap pemerasan ditanggapi dengan suara berdetak di earbud. Meskipun ada kekhawatiran kecil mengganggu segel dan penempatan earbud setiap kali Anda menyentuh tangkai.

OnePlus Buds Pro mendukung Bluetooth 5.2 tetapi hanya dapat terhubung ke satu perangkat pada satu waktu tanpa cara untuk dengan cepat beralih antar perangkat selain tidak dibayar dan berpasangan secara manual.

Dukungan codec termasuk SBC, AAC, dan LHDC v3. Tidak ada dukungan untuk LDAC atau varian aptX apa pun.

Dukungan LHDC sangat menarik. Saat ini codec tidak didukung di pasar. Dalam portofolio produk OnePlus, hanya Nord 2 terbaru yang mendukungnya. Pihak OnePlus mengatakan bahwa OnePlus 9 dan 9 Pro akan mendapatkan dukungan LHDC dalam pembaruan perangkat lunak di masa depan, tetapi tidak akan datang ke perangkat yang lebih lama. Perusahaan juga membuat klaim yang agak aneh bahwa tidak ada ponsel Nord yang akan mendapatkan dukungan LHDC. Tapi seperti yang baru saja saya sebutkan, Nord 2 terbaru memang mendukung codec ini.

Bagi mereka yang tidak menyadari, LHDC adalah singkatan dari Low latency HD audio codec dan dibuat oleh perusahaan audio Taiwan Savitech. Seperti LDAC, juga disertifikasi untuk audio resolusi tinggi karena mendukung hingga 24-bit, audio 96kHz hingga 900kbps. Seperti LDAC, juga mendukung bitrate lainnya, yaitu, 560kbps, 400kbps, dan 256kbps. Secara default, perangkat akan beralih secara otomatis berdasarkan kekuatan koneksi. Tidak ada cara untuk mengetahui bitrate apa yang digunakan kecuali pengguna menguncinya secara manual melalui pengaturan pengembang Android.

Implementasi LHDC pada OnePlus Buds Pro memiliki satu keterbatasan, di mana terbatas pada 24-bit, 48kHz. Ini berarti itu bukan audio resolusi tinggi, meskipun, untuk bersikap adil, OnePlus juga tidak mengklaimnya. Namun, untuk sebagian besar konten, tingkat pengambilan sampel 48kHz akan memadai.

Perangkat lunak OnePlus Buds Pro

Semua kustomisasi terjadi dalam perangkat lunak, yang pada ponsel OnePlus dilakukan melalui aplikasi OnePlus Buds terintegrasi. Aplikasi ini menampilkan dirinya sebagai opsi tambahan dalam pengaturan Bluetooth ketika sepasang earbud yang kompatibel terhubung tetapi sebaliknya tidak dapat diakses secara langsung. Pengalaman ini mirip dengan menggunakan pengaturan dalam menu Bluetooth untuk model Apple AirPods.

Performa OnePlus Buds Pro

OnePlus Buds Pro memiliki respons bass yang cukup besar. Ada dorongan wideband yang diterapkan di beberapa ratus hertz pertama dari rentang frekuensi, yang menghasilkan suara yang sangat bass-forward.

Bass pada OnePlus Buds Pro tidak memiliki artikulasi dan detail dan hanya tampil sebagai kuat. Sering ada gemuruh yang berbeda hadir dalam suara, yang dapat diinginkan dalam konten video tetapi cenderung luar biasa dan mengganggu dalam musik. Tergantung pada pilihan musik Anda, itu juga bisa melelahkan setelah beberapa waktu.

Nada suara keseluruhan dari OnePlus Buds Pro agak kurang ajar dan norak. Bass dan treble mendominasi suara begitu banyak, mid-range akan tenggelam sedikit. 

Dalam hal teknis, pengambilan detail cukup rata-rata, meskipun bandwidth LHDC yang luas. Kinerja pencitraan diakui cukup bagus, tetapi panggung suaranya sempit dan biasa-biasa saja.

Mikrofon OnePlus Buds Pro

OnePlus Buds Pro memiliki kualitas mikrofon yang biasa-biasa saja. Suara terdengar robot dan agak tidak wajar, dan ada banyak artefak kompresi yang ada di audio. Namun, itu melakukan pekerjaan yang baik untuk menyetel kebisingan latar belakang untuk penelepon Anda.

Noise cancellation OnePlus Buds Pro

OnePlus Buds Pro menampilkan dua tingkat pembatalan kebisingan aktif. Ada mode pembatalan kebisingan standar dan mode pembatalan kebisingan maks yang lebih tinggi. Default, bagaimanapun, adalah mode yang disebut smart, yang menyesuaikan tingkat pembatalan kebisingan secara otomatis berdasarkan tingkat kebisingan sekitar.

Kinerja noise-canceling pada OnePlus Buds Pro sangat mengesankan untuk sebagian besar. Earbud melakukan pekerjaan yang bagus untuk menyetel frekuensi rendah dan menengah ke bawah. Suara kendaraan yang lewat, AC, dan obrolan umum di tempat umum diredam secara efektif. Dan sementara saya belum menguji ini secara pribadi, saya merasa bahwa earbud juga harus melakukan pekerjaan yang cukup baik pada saat melakukan penerbangan di pesawat.

Mengenai dua mode ANC, saya tidak bisa mengetahui perbedaan tingkat pelegaan kebisingan antara keduanya. Mungkin itu hanya terlihat di lingkungan yang sangat bising, tetapi di lingkungan rumah atau kantor Anda yang biasa, Anda akan kesulitan untuk melihat perubahan sama sekali dalam tingkat kebisingan ketika beralih ke pengaturan maksimal.

OnePlus Buds Pro juga dilengkapi dengan mode transparansi yang juga bekerja cukup baik. Suaranya masih sedikit terdengar buatan, tetapi setelah beberapa saat, Anda terbiasa dan bahkan tidak memperhatikan bahwa Anda mendengarkan melalui speaker karena lokalisasi suara cukup bagus.

Latency OnePlus Buds Pro

OnePlus Buds Pro memiliki kinerja latensi yang baik saat menonton video. Terlepas dari codec mana yang digunakan, earbud dapat disinkronkan dengan konten video dengan mudah dengan penundaan minimal.

Latensi game dapat diterima. OnePlus mengklaim mengurangi latensi dengan model smartphone OnePlus tertentu tetapi bahkan ketika digunakan dengan iPhone, latensinya tidak terlalu mengganggu untuk game kasual. Saya masih akan tetap berpegang pada earbud kabel untuk penggunaan game dan obrolan suara yang lebih serius.

Sambungan OnePlus Buds Pro

Kualitas koneksi pada OnePlus Buds Pro sangat stabil selama pengujian saya. Bahkan ketika diatur ke mode maksimum 900kbps dengan LHDC, earbud bekerja dengan sangat baik pada jarak lebih dari 30 kaki tanpa penghalang di antaranya. Tidak ada masalah dengan codec lainnya juga.

Baterai OnePlus Buds Pro

OnePlus Buds Pro memiliki masa pakai baterai 5 jam dengan ANC diaktifkan dan 7 jam dengan ANC dinonaktifkan. Dalam kedua kasus, codec yang digunakan adalah AAC.

OnePlus juga tidak membuat klaim tentang berapa lama earbud akan bertahan jika Anda mengisi daya mereka selama 10 menit dari datar. Dalam pengujian saya, saya mendapat 2 jam dan 10 menit pemutaran dengan pengisian 10 menit dalam mode AAC dan 1 jam 50 menit pemutaran dalam mode LHDC.

Tergantung pada selera Anda dalam musik dan betapa pentingnya kualitas mikrofon bagi Anda, OnePlus Buds Pro mungkin masih menjadi pilihan yang berharga bagi Anda dengan harga $ 149. 

Kesimpulan

OnePlus Buds Pro adalah upaya yang layak pada sepasang earbud nirkabel semi-premium. Beberapa hal menonjol tentang mereka, termasuk desain, kenyamanan, kontrol yang mudah digunakan, dan pengontrolan kebisingan. Bagaimana, apakah Anda terarik untuk memilikinya?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!