Rujukan Informasi Seputar Tekno Terkini

5 Penyebab Kipas Laptop Berputar Cepat dan Berisik

0 75

Penyebab Kipas Laptop Berputar Cepat dan Berisik Serta Cara Mengatasinya. – Masalah pada perangkat keras biasanya yang sering mempengaruhi pengguna pada laptop, termasuk pada kipas angin atau heat sink yang mana sangat berputar terlalu cepat, sehingga dapat membuat kebisingan si pengguna.

Kebisingan yang muncul tentu sangat mengganggu. Lantas apa alasan kipas laptop tesebut bisa berputar begitu cepat ya?

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berputar Cepat dan Berisik

Jadi kali ini kami akan mencoba untuk mengulas beberapa dari penyebab kipas laptop ini bisa berbunyi kencang serta cara mengatasinya. Langsung saja silahkan simak ulasannya berikut ini!.

1. Sistem Operasi Terlalu Berat

Biasanya apabila ada sistem operasi yang tidak seimbang atau tidak sesuai dengan laptop yang kita miliki tentunya akan dapat membebani daya kerja dari laptop itu sendiri. Maka dalam hal itu akan memicu si processor akan bekerja lebih ekstra agar tetap bisa menjalankan Opeasi Sistem tersebut.

Jika processornya bekerja sangat keras tentu otomatis kipas laptopnya akan beputar semakin cepat dan menghasilkan suara yang kencang pula. Hal tersebut nantinya akan dapat membuat kipas laptop bisa cepat rusak.

Untuk cara mengatasinya : Silahkan kalian hindari hal tersebut, sebaiknya Anda menggunakan Sistem Operasi yang ringan-ringan saja atau bawaan dari si laptop tersebut ya!.

2. Processor Bekerja Terlalu Keras

Yang kedua, seperti yang telah diketahui jika Anda ini menjalankan aplikasi berat seperti membuka aplikasi game atau editing video maka secara otomatis processor akan bekerja lebih sangat keras.

Bahkan hal tersebut akan membuat suhu dari processor itu sendiri dapat meningkat drastis. Kendati demikian si kipas Laptop yang berfungsi sebagai pengstabil suhu processor juga akan terus berputar semakin kencang dan dapat menimbulkan bunyi nyaring dan bising.

Adapun untuk cara mengatasinya : Dalam hal ini sebaiknya Anda jangan terlalu banyak membukia aplikasi atau menjalankan aplikasi. Terlebih lagi jika kalian menjalankan aplikasi yang berat maka sistem akan bekerja lebih ekstra seperti yang tadi dijelaskan diatas.

Dalam penggunaan aplikasi sebaiknya perhatikan juga spesifikasi dari laptop Anda. Apakah laptop Anda ini mampu menjalankan aplikasi-aplikasi yang berat atau tidak. Jika Laptop Anda tidak mampu menjalankan aplikasi yang berat, sebaiknya dalam hal ini jangan sekali-kali Anda menjalankan aplikasi tersebut ya!.

3. Laptop Kipas Rusak

Seperti perangkat laptop yang lainnya, kipas laptop yang sudah rusak juga dapat memicu berputarnya kipas Laptop dengan cepat dan dapat menimbulkan suara yang bising. Hal tersebut karena dapat terjadi karena usia perangkatnya yang sudah terlalu tua dan minta ganti baru atau dalam penempatan kipas laptop yang tidak tepat.

Adapun untuk cara mengatasinya : Dalam hal ini sebaiknya Anda perhatikan bagian-bagian dalam laptop milikmu. Adakah komponen yang rusak atau tidak, dan juga rutin untuk di lakukan service ya!.

4. Kipas Laptop Kotor

Yang ke empat yaitu dalam penggunaan laptop yang sudah sangat lama juga dapat mengakibatkan si kipas laptop bisa berputar dengan sanat kencang. Terlebih lagi Anda ini jarang membersihkannya.

Tentu hal tersebut akan dapat mengakibatkan kipas laptopmu menjadi tertutup oleh debu. Bahkan debu yang sudah menumpuk di fan tersebut akan menutup sirkulasi udaranya. Dan adanya sirkulasi udara yang tertutup maka akan mengakibatkan processor Laptop cepat panas dan membuat fan lebih bekerja sangat kencang untuk menetralisirnya tersebut.

Adapun untuk cara mengatasinya silahkan Anda membersihkannya secara rutin ya. Bahkan sangat dianjurkan jika Anda tidak paham membesihkannya bisa menggunakan jasa service laptop atau komputer untuk membersihkannya demi mencegah kerusakan yang fatal.

5. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan

Penyebab yang ke lima yaitu bisa jadi multitasking atau kegiatan berganda dimana ini adalah ketika Anda menjalankan Aplikasi secara bersamaan. Salah satu contohnya adalah ketika Anda menjalankan aplikasi Adob Premiere di laptop secara bersamaan dengan Adob Animator.

Jadi dalam penggunaan aplikasi secara bersamaan, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap daya kerja si processor. Jika Anda terlalu memaksakan, maka si processor akan cepat panas dan tentunya memicu fan yang ada akan berkerja semakin ekstra kencang.

Adapun untuk cara mengatasinya : Sebaiknya Anda ini mengurangi penggunaan dalam multitasking. Namun, jika hal tersebut harus terpaksa menggunakan teknik multitasking, usahakan saja Anda hanya menjalankan 2-3 aplikasi saja yang berjalan bersamaan.

Akhir Kata

Nah, itulah 5 penyebab dari kipas laptop yang dapat berputar dengan cepat dan mengeluarkan bunyi bising. Jika Anda memiliki saran atau pendapat lainnya maka silahkan isi dikolom komentar yang ada dibawah ini ya. Jananlupa share article ini ke lainnya supaya temanmu juga tahu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!