Rujukan Informasi Seputar Tekno Terkini

Cara Cek Ponsel Apakah Terinfeksi Spyware Pegasus

0 4

Cara cek apakah ponsel Anda terinfeksi spyware Pegasus – Pihak organisasi hak asasi manusia (HAM) Amnesty International telah mengembangkan sebuah alat yang berfungsi untuk memeriksa secara mandiri apakah ponsel yang ada ini terinfeksi spyware Pegasus atau tidak.

Akhir-akhir ini beredar kabar bahwa tentang NSO Group, yaitu sebuah perusahaan spyware asal Israel yang dituduh sengaja membantu penjahat untuk meretas perangkat jurnalis, politisi, dan aktivis hak asasi manusia yang ada di seluruh dunia.

Cek Apakah Ponsel Anda Terinfeksi Spyware Pegasus

Tentu ini merupakan bentuk pelanggaran nyata dari perusahaan tersebut, sebenarnya hal ini sudah berkembang cukup lama. Namun, baru-baru ini mulai mencuat lagi beritanya setelah hasil investigasi yang dilakukan oleh 17 perusahaan media, Pegasus dan mereka menemukan jika perangkat lunak yang digunakan tersebut dalam upaya peretasan, pada 37 perangkat smartphone milik aktivis hak asasi manusia dan para jurnalis.

Untuk diketahui, Pegasus merupakan spyware yang dikomersialkan oleh NSO kepada pemerintah yang curang, sehingga dapat memata-matai warganya.

Menurut laporan, bahwa pihak Pegasus ini dapat mengompromikan perangkat Android dan iOS dengan cukup mudah. Hal ini dapat dilakukan dengan eksploitasi satu klik saja, di mana pengguna akan ditipu untuk mengklik tautan yang berbahaya dan mengunduh spyware tanpa mereka ketahui.

Jika Anda khawatir dalam hal ini, untungnya pihak Organisasi hak asasi manusia Amnesty International telah mengembangkan sebuah alat yang diberi nama dengan MVT (Mobile Verification Toolkit) dengan tujuan untuk memeriksa secara mandiri apakah smartphone yang dimiliki tersebut terinfeksi spyware Pegasus atau tidak. Namun, dalam prosesnya hanya dapat dilakukan melalui komputer Linux atau perangkat macOS.

Bahayanya Spyware Pegasus

Adapun untuk menginstal toolkit ini, maka pengguna harus terlebih dahulu melakukan installisasi Python Package yang sudah tersedia di situs web MVT (Mobile Verification Toolkit). Dalam hal ini Anda juga dapat menemukan petunjuk pemasangannya di situs web.

Untuk MVT sendiri membutuhkan setidaknya Python 3.6 agar bisa beroperasi dengan baik pada sistem. Pihak pengguna MacOS juga harus menginstal Xcode dan Homebrew. Nah, jika Anda ini ingin sekali melihat jejak forensik pada perangkat Android, maka Anda juga harus menginstall dependensi tertentu.

Caranya yaitu cadangkan data atau backup data terlebih dahulu untuk memungkinkan perangkat MVT mendekripsi semua file yang disimpan secara lokal pada ponsel untuk melihat bukti Pegasus. Namun, dalam kasus ini untuk HP iPhone, dump sistem file lengkap juga sudah dapat digunakan untuk analisis ini. Setelah cadangan berhasil dilakukan, MVT ini menggunakan sebuah indikator seperti nama domain dan biner untuk mencari jejak NSO terkait Pegasus tersebut.

Sumber: Tek.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!