Rujukan Informasi Seputar Tekno Terkini

Cara Mengatasi Bootloop di HP Android Dijamin 100% Work

0 0

Cara Mengatasi Bootloop di HP Android Dijamin 100% Work – Apakah sahabat pernah mengalami ketegangan ketika saat menggunakan smartphone Android? Apalagi disaat kamu sedang menggunakan untuk hal yang amat penting dan mendesak, tiba-tiba HP Androidmu tidak berfungsi. Bahkan untuk tampilan pada layar HP Androidmu hanya berupa muncul logo yang berputar, bahkan operasi tidak dapat masuk ke sistem. Tentu hal tersebut akan membuatmu akan menjadi darah tinggi kan ya?, seperti mendadak bingung, panik, dan rasa jengkel. Sebenarnya itu adalah dimana kondisi sedang terjadi bootloop di HP Android. Lantas apa saja yang menyebabkan bisa terjadi hal tersebut dan bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Bootloop di Android

Bootloop di HP Android adalah suatu kondisi dimana terdapat sebuah masalah pada perangkat piranti lunak di HP Android sehingga hal tersebu tidak dapat masuk ke dalam sistem opeation. Biasanya hal ini ditandai dengan sebuah tampilan logo pada HP Android pada bagian layar secara berulang. Jadi dalam hal ini kalian tidak perlu panik dalam menghadapinya, dan juga tidak perlu terburu-buru untuk mambawa smartphonemu itu ke service center ya’. Karena jika nanti malah akan muncul biaya dan selain itu juga memakan waktu perbaikan sehingga membuat sahabat harus libur menggunakan smartphone tersebut. 

Penyebab Terjadi Bootloop di Android 

Lantas apa saja untuk solusi yang dapat dilakukan atas munculnya permasalahan bootloop di HP Android? Sebelum sahabat membaca sampai pada tahapan pembahasan solusi, maka yang perlu sahabat ketahui adalah jenis bootloop yang sedang dialami. Bootloop ini dapat dibedakan berdasarkan jenis kerusakannya, yaitu seperti light bootloop dan juga hard bootloop. Selain itu, kalian harus mengetahui penyebab terjadinya bootloop, agar di kemudian hari sahabat bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan smartphone sahabat. 

  • Jenis Bootloop yang Pertama adalah light bootloop yaitu sebuah bootloop ringan, hanya saja ini terjadi kadang-kadang saja, bahkan sifatnya sementara.
  • Jenis Bootloop yang kedua adalah hard bootloop yaitu bootloop yang mana ini masuk pada kerusakan berat, ditandai dengan adanya kegagalan untuk bisa masuk ke sistem. Hal ini bersifat permanen dan ketika sahabat bisa mencoba berulang kali, dan kondisi akan sama. 

Adapun untuk Bootloop terjadi dikarenakan si pengguna melakukan berbagai hal, yang berkaitan dengan sistem Android, seperti berikut ini :

1# Kegagalan flashing custom ROM

Terjadinya gegagalan dalam melakukan suatu pemasangan pada sistem khusus (custom ROM) atau aplikasi tertentu ke dalam perangkat HP Andoid kalian. 

2# Melakukan pengunduhan mod 

Pengunduhan mod yang tidak tepat dan tidak sesuai dengan jenis ROM yang digunakan oleh sistem Android kalian dan ini bisa menjadi penyebab bootloop. 

4# Pengaturan permission dan restore file 

Terdapat kesalahan dalam melakukan pengaturan izin akses dan adanya tindakan menghapus sebuah file, ini juga merupakan contoh suatu kesalahan si pengguna dalam mengelola file sistem dari sebuah perangkat setelah mereka berhasil mendapatkan akses root. 

5# Kerusakan komponen dalam perangkat

Adanya kerusakan pada hardware dan ini juga menjadi pemicu, jadi akbitanya cukup sering terjadinya penyebab bootloop, seperti halnya kerusakan eMMC. 

Solusi untuk Mengatasi HP Bootloop di Android Terbaru 2021

Solusi yang tepat dalam mengatasi terjadinya bootloop pada HP Android dan ini berdasarkan pada jenis kerusakannya. Pada versi light bootloop atau bootloop yang cukup ringan meskipun juga kadang dianggap tidak terlalu mengganggu, tetapi jika diatasi tentu agar nantinya tidak menjadi lebih parah. Dalam hal ini tidak diperlukan sebuah langkah teknis yang  kompleks dan juga rumit. Namun jika sahabat masih tidak berhasil tentu diperlukan langkah-langkah berikutnya seperti halnya melakukan hard bootloop. Berikut dibawah ini merupakan sebuah solusi untuk mengatasi bootloop.  

1# Cukup matikan perangkat Android, 

Langkah yang pertama silahkan sahabat cabut memori, baterai dan kartu perdananya. Lalu diamkan sejenak HP Android sahabat selama tiga puluh menit kalau perlu sampai dua puluh empat jam. Langkah selanjutnya silahkan sahabat pasang dan aktifkan kembali yang di lepas tersebut, bahwa cara ini cukup rekomended dan cocok untuk mengatasi masalah terjadinya bootloop ringan. 

2# Masuk ke dalam pengaturan pabrik atau factory reset.

Namun jika HP Android sahabat itu gagal booting, maka langkah yang bisa dilakukan yaitu silahkan sahabat masuk ke recovery mode. Untuk langkah ini maka sahabat bisa melakukannya dengan menekan tombol power secara bersamaan dengan menekan tombol volume, lalu lakukan sebuah wipe data atau factory reset. Biasanya setiap merk HP itu berbeda untuk bisa masuk pada bagian recovery mode. Jika sahabat sudah masuk lakukan, selanjutnya lakukan hal berikut :

  • Gunakan tombol volume HP tersebut untuk menggerakkan kursor dan tombol powernya untuk melakukan eksekusi ya’. Pilih saja wipe data/factory reset kemudian tekan tombol power. 
  • Arahkan kursor yang muncul dan pilih Yes/delete all user data. Selanjutnya perangkat Android akan memproses dan biasanya ini akan memberikan sebuah informasi yaitu berupa selesai atau sahabat bisa langsung melakukan restart. 

3# Sahabat juga bisa mencoba dengan memperbaiki dengan cara install ulang sistem atau flasing.  

Nah, bagaimana ? mudah bukan cara mengatasi masalah bootloop pada HP Android? sahabat bisa mencobanya sendiri di rumah, sebelum kalian membawanya ke service center dan mengeluarkan biaya. Namun jika hal tersebut sulit untuk diatasi, barulah sahabat bisa membawanya HP tersebut ke Service Center khusus perangkat Android, karena untuk permasalahan bootloop ini bisa terjadi bukan karena adanya kesalahan sistem melainkan adanya pada kerusakan di perangkat kerasnya. Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat dan kalian berhasil menyelsaikannya. Terimakasih sudah membaca ulasan ini, sampai jumpa lagi pada tutorial yang lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!